Doakan Saudaramu Diam-Diam

[papakuguru.com]- Berdoa adalah bagian dari ibadah. Bahkan doa merupakan kunci ibadah seseorang kepada Sang Khaliq. Perkara inilah yang masih banyak orang yang belum mengetahui atau bahkan banyak yang melupakannya. Padahal diantara mustajabnya doa adalah doa seorang muslim kepada saudaranya. Dan ketahuilah bahwa tanda cinta paling dalam adalah ketika kamu mendoakan saudaramu diam-diam.


Mendoakan Saudara Muslim Dengan Diam-Diam Adalah Mustajabah

Imam Bukhari dalam kitabnya adabul mufrod, dari Abu Bakar Ash-Shidiq radhiyallahu 'anhu, beliau berkata, 
إن دعوة الأخ فى الله تستجاب

"Sesungguhnya doa seseorang kepada saudaranya karena Allah adalah doa yang Mustajab"

Islam sangat mendorong umatnya untuk dapat mengikat erat hubungan baik dengan saudara muslimnya. Hubungan baik  ini perlu dipupuk setiap saat dalam keadaan baik terlebih jika saudara muslimnya dalam keadaaan kesulitan.

Didoakan Malaikat

Balasan kebaikan dengan didoakan malaikat. Siapa yang tidak mau jika didoakan Malaikat Allah Ta'ala. Tentu siapapun kita, status sosial apapun pasti akan sangat senang didoakan malaikat. Lantas perihal apa yang bisa menjadikan kita didoakan malaikat ?

Mendoakan saudara muslim adalah sebab seseorang niscaya akan mendapatkan balasan didoakan malaikat. 

Hal ini sudah dijelaskan dalam sabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam,


دعوة المرء المسلم لأخه بظهر الغيب مستجابة عند رأسه ملك موكل كلما دعا لأخيه بخير قال الملك الموكل به آمين ولك بمثل

"Doa seorang muslim untuk saudaranya yang dilakukan tanpa sepengetahuan orang yang didoakannya adalah mustajabah. Diatas kepalanya (orang yang berdoa) ada malaikat yang telah diutus. Sehingga setiap kali ia mendoakan kebaikan untuk saudaranya, maka malaikat yamg diutus tersebut akan mengucapkan "aamiin dan kamu juga akan mendapatkan seperti itu"" (HR. Muslim)

Mendoakan sesama muslim tanpa sepengetahua  orang yang didoakan termasuk sunnah hasanah yang telah diajarkan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dan turun temurun sampai orang-orang shalih yang harus kita ikuti untuk mendapatkan kemuliaannya.

Doa seorang muslim kepada saudaranya merupakan doa yang utama dan mustajab. Dalam Ainul Ma'buud, disebutkan maksud mendoakan saudara muslim lainya adalah walaupun orang yang didoakan itu berada di hadapan orang yang mendoakannya. Seperti berdoa di dalam hati atau dengan lisan, tetapo tidak terdengar oleh orang yang didoakan.

Mendoakan saudara seiman tanpa sepengetahuan yang didoakan adalah bukti kedalaman iman dan ketulusan serta keikhlasan cinta seorang saudara bagi saudaranya. Maasyaa Allah wa Tabaarakallah wa Ta'ala.

Imam Ibnu Hibban membuat sebuah bab dalam shahihnya demgan judul, "Anjuran untukmemperbanyak berdoa kepada saudara sesama muslim tanpa sepengetahuan orang yang didoakan, dengam harapan permohonan untuk keduanya dikabulkan" (Arraqaaiq)

Imam Annawawi dalam kitabnya Al Minhaj, mengatakan, 

"Makna بظهر الغيب adalah tanpa sepengetahuan yang didoakan. Amalan ini benar-benar dalam keikhlasannya".

"Dan dahulu, sebagaian para salaf, jika menginginkan doa bagi dirinya, maka ia akan berdoa dengan doa tersebut kepada saudaranya sesama muslim, karena amalan tersebut sangat dikabulkan dan ia akan mendapatkan balasan yang semisal"

Akhlak mulia tersebut jelas sudah ditegaskan oleh Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam bahwa ketika ada muslim yang melakukan akhlak mulia ini ada Malaikat yang bertugas mengaminkan doa seorang muslim tersebut disaat saudaranya tidak mengetahuinya.

Doa adalah Kunci Ibadah

Doa kita bermakna inti dari ibadah  kita. Doa adalah otaknya ibadah. Yang berarti pula sesuatu yang paling berarti dalam ibadah. Demikian yang dijelaskan oleh Imam Asy-Syaukani dalam Tuhfatudz Dzakirin.

Lebih lengkap tentang doa adalah ibadah baca DOA ADALAH INTISARI IBADAH.

Doa Sebagai Tanda Cinta

Mencintai saudara muslim adalah akhlak seorang mukmin. Bahkan Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam pernah menyampaikan urgensinya saling mencintai sesama muslim.

لا يؤمن أحدكم حتى يحب لأخيه ما يحب لنفسه

"Tidak beriman salah seorang diantara kamu, hingga dia mencintai saudaranya sebagaimana dia mencintai dirinya sendiri" (Muttafaq Alaih)

Dalam hadits tersebut menegaskan kepada kita bahwa seorang mukmin dengan mukmin yang lain bagaikan satu jiwa yang harus saling menjaga dan saling mencintai.

Sebagai bentuk kecintaan atau bukti kecintaa  seorang mukmin dengan saudara mukmin lainya adalah dengan doa. Karena dengan doa, seorang mukmin rela bermunajat yang terbaik untuk saudara mukmin di dunia dan akhirat.

Doa kita kepada saudara seiman kita adalah bukti. Meakipun orang-orang disekitar tidak tahu akan mahabbah kita dengan saudara muslim kita, Tapi Allah Ta'ala dan MalaikatNYA yang mengetahui dan akan diberi balasan setimpal.

Maka sebagai ikhtitam pada tulisan malam ini, mari kita kuatkan iman kita dengam satu diantaranya adalah dengan menguatkan doa. Khususnya, sempatkan diri untuk doakan saudara muslim kita yang lain. Tentu doa kebaikan dunia akhirat. 


ربنا اغفرلنا ولإخواننا الذين سبقونا بالإيمان ولا تجعل فى قلوبنا غلاللذين آمنو

"Yaa Rabb kami, berilah ampunan kepada kami, dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman". (QS. Al Hasyr:10)




Subscribe to receive free email updates: