Materi Biologi SMA : Ciri-ciri Tumbuhan Berbiji (Spermatophyta)

Selain tumbuhan lumut  dan paku-pakuan, juga terdapat tumbuhan lain, misalnya padi, melinjo, kelapa, mangga, pepaya, durian, kelengkeng, manggis dan sebagaianya. Semua tumbuah tersebut merupakan kelompok tumbuhan berbiji (spermatophyta). Jenis kelompok berbiji ini sangat mudah kita temukan. Masa untuk menambah penguatan pemahaman materi biologi SMA, saya akan menulis tentang ciri-ciri tumbuhan berbiji (spermatophyta).

Materi Biologi SMA : Ciri-ciri Tumbuhan Berbiji (Spermatophyta)


Baca Juga : Tips Keluarga Bahagia : Ciptakan Rumah Syurga Tanpa Teriakan
Tumbuhan sebagai karunia dan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, sering dan mudah kita temukan. Jika anda makan buah, tentu anda mengetahui bijinya dimana. Biji buah tersebut tentu berada di dalam buah tersebut bukan ?. Istilah spermathophyta berasal dari bahasa Yunani, Sperma berarti biji dan phyta berarti tumbuhan. Tumbuhan berbiji adalah jenis tumbuhan yang paling sempurna, baik alat tubuh maupun alat perkembangbiakannya. Tumbuhan biji memiliki alat tubuh yang lengkap yang terdiri dari akar, batang dan daun. Tiap-tiap alat tubuh tersebut mempunyai fungsi yang jelas. Alat perkembangbiakannya berupa bunga dan biji.

Ciri-ciri Tumbuhan Berbijji
Pada dasarnya tumbuhan berbiji telah memiliki akar, batang, daun dan juga bunga. Secara umum, cciri-ciri tumbuhan berbiji adalah sebagai berikut :
  1. Organisasi multiseluler
  2. Sel nya bersifat eukariotik (memiliki inti)
  3. Dinding sel tersusun atas solulosa
  4. Memiliki klorofil
  5. Organisme outotrof, mampu menghasilkan makanan sendiri dengan fotosintesis
  6. Sudah memiliki akar, batang dan daun sejati
  7. Sudah memiliki berkas pengangkut berupa xylem dan floem
  8. Pada umumnya juga telah memiliki bunga sebagai organ reproduksi
  9. Tidak mengalami pergiliran  keturunan (metagenesis)
  10. Berkembang biak dengan biji
  11. Ada yang memiliki biji terbuka (tidak dibungkus daun buah), ada yang berbiji tertutup
  12. Habitatnya sebagian besar di darat  tapi ada juga yang hidup di air

Klasifikasi Tumbuhan Berbiji 

Jenis tumbuhan berbiji (spermatophyta) berkisar 250.000 spesies sehingga memiliki jenis yang paling banyak daripada tumbuhan lumut dan paku. Tumbuhan berbiji dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu tumbuhan berbiji terbuka dan tumbuhan berbiji tertutup.

Tumbuhan berbiji terbuka (gymnospermae) dibagi menjadi tiga kelas, yaitu kelas melinjo (Gnetinae), kelas pinus (Coniferinae), kelas pakis haji (Cycadinae) dan kelas Ginkonae.

Tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae) dibagi dalam dua kelas, yaitu kelas berkeping satu (Monocotyledonae) dan kelas berkeping dua (Dycotyledonae) berdasarkan sistem klasifikasi lama. Namun untuk klasifikasi yang baru dikarenakan ada tumbuhan berkepong lebih dari dua maka ada Liliopsida (berkeping satu)  dan Magnoliopsida (berkeping lebih dari satu).


Contoh Tumbuhan Berbiji

Berdasarkan pembagian klasifikasi tumbuhan biji diatas, maka dapat diketahui beberapa contoh dari tumbuhan berbiji yang dapat kita temui di lingkungan kita, antara lain sebagi berikut ;

  • Tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae) antara lain ; melinjo, pinus dan pakis haji
  • Tumbuhan berbiji tertutup berkeping satu, antara lain ; jagung, paddi, kelapa dan lain-lain. 
  • Tumbuhan berbiji tertutup berkeping dua, antara lain ; mangga, jambu, rambutan, kacang, dan lain-lain


Reproduksi Tumbuhan Berbiji

Biji yang dihasilkan oleh tumbuhan berbiji dihasilkan dari proses penyerbukan  (jatuhnya serbuk sari pada putik). Setelah itu akan terjadi proses fertilisasi (pembuahan). proses ini  akan berkembang sehingga dihasilkan embrio yang pada akhirnya akan terbentuk buah berbiji.

Demikian materi biologi SMA : ciri-ciri tumbuhan berbiji (spermatophyta). Semoga materi mapel biologi ini bermanfaat bagi anda. Tanggapan positif dari anda sangat kami nantikan. Semoga kita bisa saling berbagi kemanfaatan. Sukses selalu untuk anda. Wassalaamu'alaikum.

Subscribe to receive free email updates: