6 Amalan Sunah di Hari Jum'at

[papakuguru.com]- Hari Jum'at adalah hari terbaik dalam sepekan. Disebutkan sebagai sayyidul ayyaam. Bahkan disebutkan juga sebagai hari terbaik dimana matahari terbit. Maka bersyukur kita ketika masuk hari Jum'at. Lantas amalan apa saja yang dianjurkan untuk memperbanyak kebaikan kit adi hari yang istimewa ini ? Agar kita tidak ketinggalan dalam kebaikan, disaat saudara kita yang lain berburu kebaikan di hari yang dimuliakan Allah. Berikut saya tuliskan 6 amalan sunnah di hari Jum'at. Semoga bermanfaat.


6 Amalan Sunah di Hari Jum'at

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman,

"Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan sholat Jum'at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu  lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung" (QS. Al-Jumuah : 9-10)

Di hari Jum'at, seorang laki-laki muslim yang telah baligh wajib melaksanakan shalat Jum'at secara berjamaah di masjid. 

Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,

"Shalat Jum'at berjamaah adalah kewajiban bagi setiap muslim, kecuali 4  golongan, yaitu budak, wanita, anak kecil dan orang sakit" (HR. Abu Dawud)

Apa saja yang dianjurkan di hari Jum'at selain ibadah wajib sholat Jum'at ? Setidaknhya ada 6 amalan sunnah yang dianjurkan di hari Jum'at yang bisa kita lakukan, yaitu :

  • Memperbanyak shalawat, doa dan dzikrullah
Hal ini berdasar dari sabda Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam,

"Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jum'at. Maka perbanyaklah shalawat kepadaku didalamnya, karena shalawat kalian akan disampaikan kepadaku" (HR. Abu Dawud, Ibn Majah, Annasai)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, nabi shallallahu 'alaihi wasallam menyebut hari Jum'at kemudian berkata, " Di hari Jum'at itu terdapat satu waktu yang jika seseorang muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon  sesuatu kepada Allah Ta'ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan" Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu. (HR. Bukhari dan Muslim)

Yang dimaksud dengan detik terakhir dari hari Jum'at adalah saat menjelang maghrib (setelah ashar).

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman, 

"Wahai orang-orang yang beriman, jika kalian diseru untuk shalat pada hari Jum'at, maka bersegeralah mengingat Allah...(QS. Al Jumuah :9).


  • Membaca Surat Al-Kahfi
Dari Abu Sa'id Al-Khudri, Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,

"Barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada hari Jum'at. Maka ia akan disinari oleh cahaya diantara dua Jum'at" (HR. Hakim, beliau mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih)


  • Menggunakan Minyak Wangi

Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda dalam hadits beliau,

"Barang siapa yang mandi pada hari Jum'at dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut atau minyak wangi kemudian berangkat ke Masjid dan tidak memisahkan antara dua orang, lalu shalat sesuai dengan kemampuan dirinya, dan ketika imam memulai khutbah, ia diam dan mendengarkannya maka akan diampuni dosanya mulai Jum'at ini sampai Jum;at berikutnya" (HR. Bukhari Muslim)


  • Bersegera ke Masjid

Anas bin Malik berkata, "Kami berpagi-pagi menuju sholat Jum'at dan tidur siang setelah sholat Jum'at" (HR. Bukhari)

Ibnu Hajar Al-Atsqalani berkata dalam kitab Fathul Bari, "Makna hadits ini adalah para shahabat memulai shalat Jum'at pada awal waktu sebelum tidur siang, berbeda dengan kebiasaan mereka pada sholat dhuhur ketika panas. sesungguhnya para shahabat tidur terlebih dahulu kemudian shalat ketika matahari telah berkurang panasnya".


  • Mandi Wajib 

Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda dalam hadits beliau,

"Barang siapa yang mandi pada hari Jum'at dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut atau minyak wangi kemudian berangkat ke Masjid dan tidak memisahkan antara dua orang, lalu shalat sesuai dengan kemampuan dirinya, dan ketika imam memulai khutbah, ia diam dan mendengarkannya maka akan diampuni dosanya mulai Jum'at ini sampai Jum;at berikutnya" (HR. Bukhari Muslim)


  • Memperbanyak Sholat Sunnah sebelum khutbah dan sholat sunah ba'diyah Jum'at

Abu Hurairah radhiyallahu 'andu menuturkan bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda dalam hadits beliau,

"Barang siapa yang mandi pada hari Jum'at dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut atau minyak wangi kemudian berangkat ke Masjid dan tidak memisahkan antara dua orang, lalu shalat sesuai dengan kemampuan dirinya, dan ketika imam memulai khutbah, ia diam dan mendengarkannya maka akan diampuni dosanya mulai Jum'at ini sampai Jum;at berikutnya" (HR. Bukhari Muslim)

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,

"Apabila kalian telah selesai mengerjakan shalat Jum'at  maka shalatlah 4 rakaat" Amr menambahkan dalam riwayatnya dari jalur Ibnu Idris, bahwa Suhail berkata, "Apabila engkau tergesa-gesa karena sesuatu, maka shalatlah 2 rakaat di masjid dan 2 rakaat apabila engkau pulang" 9HR. Muslim, Tirmidzi)

Demikian 6 amalan sunnah di hari Jum'at yang dianjurkan, agar kita semakin mendapatkan kebaikan di hari yang mulia ini. Semoga Allah Ta'ala senantiasa melimpahkan barokah kepada kita dan keluarga dunia dan akhirat. 

Subscribe to receive free email updates: