Andai Guru Di Indonesia Bisa Menyapa Muridnya Dengan Penuh Cinta Seperti Ini

[papakuguru.com]- Membangun hubungan yang hangat dan akrab adalah salah satu cara seorang guru dalam upayanya memperhatikan muridnya. Jika ada seorang guru yang bisa menyapa muridnya dengan kehangatan dan keakraban, ini adalah upaya jenius dan kereeeeen abiiz.
Andai Guru Di Indonesia Bisa Menyapa Muridnya Dengan Penuh Cinta Seperti Ini

Kita begitu takjub dengan sebuah video yang tentang kisah seorang guru SD di  Charlotte, di setiap pagi ia selalu menyapa dan berjabat tangan murid-muridnya satu persatu dengan cara yang unik dan berbeda-beda kepada setiap muridnya. 

Cara yang digunakan sang guru tersebut yang unik dan berbeda inilah yang membuat murid-muridnya tertarik dan merespons positif dengan keakraban dan kehangatan yang kental terlihat diantara mereka.

Dalam tayangan yang lain tentang seorang coach basket yang menangani tim basketnya dengan cara menyapa ke setiap pemain timnya dengan cara yang unik juga. Nampak meski berbeda-beda cara menyapa ke setiap pemainnya, sang coach nampak mahir dan keren tampa kesalahan sedikitpun serta nampak keseruan dan kehangatan dalam tim mereka.

Bagaimana indahnya pula kisah dalam pembelajaran yang menyisakan memory indah. Sapaan indah yang penuh cintavkasih seorang sensei kepada muridnya.

Andai Guru Di Indonesia Bisa Menyapa Muridnya Dengan Penuh Cinta Seperti Ini

Kepedulian dan perhatian lebih seorang guru kepada murid-muridnya adalah kunci agar muridnya mampu percaya diri untuk mencapai keberhasilan. Dengan demikian para murid akan percaya diri dalam mengembangkan potensi dirinya dalam mencapai cita-cita besarnya.

Guru laksana seorang aktor / aktris yang menjadi pusat perhatian murid-muridnya di setiap gerak-geriknya. Karennya seorang guru harus "waspada" bahwa setiap apa yang ia lakukan, apa yang ia katakan akan menjadi bahan "rujukan" yang selanjutnya rentan akan diikuti para muridnya.

Memang seharusnya seorang guru harus lebih banyak memberi teladan, bukan instruksi saja. Guru lebih banyak memberi clue dan contoh dan muridlah yang mengembangkannya dengan diskusi dan eksplorasi.

Maka alangkah indahnya, pendidikan di negeri ini, jika para guru mampu menjadi teladan dan memperlakukan murid-murid dengan penuh cinta dan kasih sayang. 



Subscribe to receive free email updates: