Inilah Akibatnya Jika Anda Rajin Shalat Dhuha

[papakuguru.com]- Sholat dhuha termasuk sholat sunah. Namun meski sholat dhuha sebatas sholat dhuha, banyak dari kalangan umat Islam yang melakukannya. Bahkan menjaga dan men-dawam-kan sholat dhuha ini. Ternyata masih banyak juga orang yang belum tahu apa akibatnya jika rajin melakukan sholat dhuha.

Inilah Akibatnya Jika Anda Rajin Shalat Dhuha

Alhamdulillah, jika anda termasuk yang diberi kesempatan untuk membaca artikel ini, semoga menjadi pelajaran berharga untuk anda dan untuk kita semua.

Terlebih bagi anda yang sudah menjalani sholat dhuha dan rajin melakukannya. Ternyata jika anda rajin melakukan sholat dhuha maka ada beberapa akibatnya.

Sebagaimana diungkapkan oleh Sayid Muhammad bin Alwi al-Maliki dalam kitab beliau khoshais al-Ummah al-Muhammadiyah (Keutamaan umat Muhammad saw). Diantara isinya adalah terkait bahasan kita. Beliau mengungkapkan keutamaan-keutamaan yang disediakan oleh Allah Ta'ala bagi hambaNYA yang menunaikannya lengkap dengan sumber haditsnya.

Pertama
Orang yang rajin sholat dhuha akan diampuni dosa-dosanya oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala. Sebagaiman hadist Nabi shallallahu 'alaihi wasallam.,

"Barangsiapa yang selalu mengerjakan sholat dhuha niscaya ia akan diampuni dosa-dosanya walaupun sebanyak buih di lautan." (HR. Tirmidzi)

Kedua
Barang siapa yang mengerjakan sholat dhuha maka ia tergolong sebagai orang yang bertaubat kepada Allah Ta'ala.

"Tidaklah seseorang yang selalu mengerjakan shalat dhuha kecuali ia telah tergolong sebagai orang yang bertaubat" (HR. Hakim)

Ketiga
Orang-orang yang rajin melakukan shalat dhuha akan dicatat sebagai ahli ibadah dan taat kepada Allah Subahanahu wa Ta'ala. 

"Barangsiapa yamg shalat dhuha dua rakaat, maka ia tidak ditulis sebagai orang yang lalai. Barangsiapa yang mengerjakannya sebanyak empat rekaat maka ia akan ditulis sebagai ahli ibadah. Barang siapa yang mengerjakan enam rakaat, maka ia diselematkan di hari itu. Barangsiapa yang mengerjakanya delapan rakaat, maka Allah tulis ia sebagai orang yang taat. Dan barangsiapa yang mengerjakaanya dua belas rekaat, maka Allah Ta'ala akan membangun sebuah rumah di syurga untuknya" (HR. Thabrani)

Keempat
Bagi orang yang konsisten (istiqomah) dalam melaksanakan sholat dhuha, niscaya kelak di akhirat, ia akan masuk syurga lewat pintu khusus, yang dinamakan pintu Dhuha yang telah disediakan oleh Allah Ta'ala. 

"Sesungguhnya di dalam syurga itu terdapat sebuah pintu yang bernama pintu Dhuha. Apabila kiamat telah tiba maka akan ada suara yang berseru, "dimanakah orang-orang yang semasa hidupnya di dunia selalu mengerjakan shalat dhuha ? ini pintu buat kalian. Masuklah dengan rahmat Allah Subhanahu wa Ta'ala" (HR. At-Tabrani)

Kelima
Orang-orang yang senantiasa menjaga dan merutinkan shalat dhuha maka Allah Ta'ala akan menyukupkan rizkinya. 

"Wahai, anak Adam, janganlah engkau merasa lemah dari empat rakaat dalam mengawali harimu. niscaya Aku (Allah) akan menyukupimu di akhir harimu" (HR. Abu Darda)

Keenam
Orang yang mengerjakan shalat dhuha maka ia seperti orang yang sudah mengeluarkan sadaqah. 

"Hendaklah masing-masing kamu bersedekah untuk setiap ruas tulang badanmu pada setiap pagi. sebab setiap kali bacaan tasbih itu adalah sedekah. setiap tahmid, setiap takbir adalah sedekah. Menyuruh kepada yang ma'ruf adalah sedekah. Mencegah yang munkar adalah sedekah. dan sebagai ganti itu semua, maka cukuplah mengerjakan dua rakaat sholat dhuha" (HR. Muslim)

Demikian artikel ini saya tuliskan kepada anda. Smeoga dengan paparan diatas, kita semakin bertambah semangat untuk merutinkan melaksanakan shalat dhuha.




Subscribe to receive free email updates: