Materi PPT PAI SMA : Wakaf (Download)

[papakuguru.com]- Populasi umat Islam di Indonesia termasuk dalam jumlah yang terbesar di dunia. Hal ini tentu merupakan potensi yang luar biasa. Akan semakin nyata potensi besar ini jika mampu dikelola dengan baik. Salah satu diantaranya adalah potensi wakaf. Misal wakaf tanah di Indonesia di tahun 2016 sebesar 3,7 milliar m2, dengan potensi ekonomi sebesar Rp 370 triliun. Hal ini tentu bukan angka yang kecil. Tentu untuk mengoptimalkan potensi umat ini untuk kemudian dimanfaatkan untuk kemaslahatan umat pula maka perlu adanya kesadaran untuk belajar, baik tentang seputar wakaf maupun cara pengelolaannya. Berikut ini saya akan berbagi tentang Materi PPT PAI SMA : Wakaf (download), semoga bermanfaat.


Pengertian

Wakaf adalah menahan sesuatu benda yang kekal abadi secar afisik dzatnya serta dapat digunakan untuk sesuatu yang benar dan bermanfaat.Wakaf secara bahasa berasal dari kata al-waqfu yang artinya menahan. Misalnya, Bapak Fulan mewakafkan sebidang tanah untuk dijadikan pesantren, bahwa tanah tersebut dimaksudkan ditahan kemanfaatannya hanya digunakan pak fulan, tetapi kemanfaatannya akan dipergunakan bagi kemaslahatan masyarakat yang lebih luas.

Dalil

Dalil tentang disyariatkannya wakaf adalah bisa dilihat dalam firman Allah Ta'ala QS. Ali Imran : 92.

"Kamu sekali-kali tidak akan sampai kepada kebajikan  yang sempurna, sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai" 

Rukun Wafaf

Untuk melakukan wakaf, kita perlu mengetahui rukun-rukun wakaf. Adapun rukun-rukun wakaf adalah :
  • Wakif
  • Mauquf Bih
  • Mauquf 'Alaih
  • Sighah

Demikian uraian pengantar pada materi powerpoint PAI SMA tentang wakaf ini saya sampaikan, untuk lebih jelasnya tentang materi ini, saya sediakan pula dengan bahan power point tentang materi ini. Silahkan klik (UNDUHuntuk mengunduh materi powerpoint ini. 

Semoga materi wakaf dalam bentuk power point ini bermanfaat dan menjadi alat untuk menyampaikan materi wakaf ini kepada para peserta didik. Sukses selalu untuk bapak-ibu guru kita semuanya.

Subscribe to receive free email updates: