Materi PPT PAI SMA : Zakat (Download)

[papakuguru.com]- Zakat merupakan sebuah ibadah yang wajib dilakukan oleh setiap muslim. Kewajiban inilah yang harus kita sikapi dengan memperkuat ilmu tentang pelaksanaan zakat. Tentu hal ini kita lakukan agar ibadah mulia ini bisa kita laksanakan dengan optimal dan kita mendapat fadhilahnya dunia akhirat. Berikut ini saya akan berbagi kepada bapak-ibu guru maupun adik-adik semua tentang Materi PPT PAI SMA : Zakat. Semoga bermanfaat. Diakhir tulisan ini saya sertakan link download agar materi power point  ini juga bisa digunakan bapak-ibu guru dalam proses kbm.

Materi PPT PAI SMA : Zakat

Pengertian

Zakat secara bahasa (lighawi) berarti bertambah atau tumbuh, sebagaimana yang disampaikan ALi Bin Abi Thalib, "Ilmu itu semakin bertambah dengan diinfaqkan". Zakat juga berarti yang lebih baik, sebagaimana dalam Allah Ta'ala berfirman,

"Dan kami menghendaki, sekiranya Tuhan mereka mengggantinya dengan (seorang anak lain) yang lebih baik kesuciannya dari pada (anak) itu dan lebih sayang (kepada ibu bapaknya)" (QS. Al-Kahfi:81)

Zakat juga berarti mensucikan, sebagaimana firman Allah Subahanahu wa Ta'ala,
"Sungguh beruntung orang-orang yang mensucikannya (jiwa itu)" (QS. Asy-Syam : 9)

Secara Istilah zakat berarti penunaian kewajiban pada harta khusus, dengan cara khusus dan disyarakatkan ketika dikeluarkan telah memenuhi haul (satu tahun) dan nishab (jumlah batas minimal). (Al-Mausu'ah Al-Fiqhiyyah).

Hukum

Zakat adalah rukun Islam yang ketiga yang harus dilakukan oleh setiap muslim. Hal ini bermakna hukum zakat adalah fardhu'ain. Hal ini diperkuat bahwa kewajiban zakat ini berulang sebanyak 32 kali di dalam Al-Quran (Al-Fiqhi Al-Manhaji)

Macam-macam Zakat

Zakat dibagi menjadi dua, yaitu zakat fitrah dan zakat maal. Zakat fitrah juga disebut dengan zakat jiwa yang berarti zakat yang ditunaikan karena berkaitan dengan waktu ifthar (buka puasa Ramadhan). Mughnil Muhtaj. Zakat jenis ini adalah wajib dilakukan oleh setiap muslim, baik tua ataupun masih bayi, selagi dia sudah atau masih hidup di akhir Ramadhan maka wajib baginya untuk membayar zakat atau dibayarkan atas namanya .

Zakat maal adalah zakat harta, bahwa seorang muslim yang memiliki harta yang sudah masuk kategori haul dan nishab, maka wajib bagi dirinya untuk membayar zakat atas harta yang dimilikinya tersebut.

Terkait dengan jenis harta yang harus dizakati dan ketentuan-ketentuan lainnya dalam berzakat, silahkan unduh saja materi power point dan gratis di akhir postingan ini.

Mustahiq Zakat

Mustahiq zakat atau penerima zakat sudah ditentukan dalam firman Allah Subhanahu wa Ta'ala  QS. At-Taubah : 60. selebihnya saya cantumkan di materi power point bisa diuduh di akhir artikel ini.

Hikmah Zakat

Diantara hikmah zakat adalah : 
  • Memperoleh ridha Allah Ta'ala
  • Membersihkan harta
  • Memelihara harta tetap barakah
  • Sebagai wujud syukur kepada Allah Ta'ala

Unduh Materi PPT

Klik (Unduh) ini materi Power Point tentang Zakat. Untuk lebih lanjutnya terkait materi zakat ini silahkan diunduh materi power point PAI SMA ini. Semoga materi PPT PAI SMA tentang Zakat ini bermanfaat bagi bapk-ibu dan kita semua. Sukses dan barokah selalu untuk kita semua. Nantikan materi-materi lainya baik dalam bentuk PPT ataupun yang lainnya di blog tercinta ini.



Subscribe to receive free email updates: