Asmaul Husna : Meraih Kemuliaan dengan Ma'rifatullah

Allah Subhanahu wa Ta'ala memiliki nama-nama indah yang berjumlah 99 nama. Nama-nama indah ini disebut dengan Asmaul Husna. Allah Subhanahu wa Ta'ala yang memiliki Asmaul Husna, akan memuliakan hamba-Nya yang konsisten menggunakan Asmaul Husna tersebut dalam kehidupannya, baik ucapan, yang dibenarkan dalam hatinya maupun perbuatan yang mencerminkan asmaul husna tersebut. Semoga kita senantiasa mendapatkan keberkahan untuk mengokohkan iman dengan mempelajari dan mentadaburi 99 asmaul husna tersebut.
Pengertian Asmaul Husna
Asmaul husna berasal dari dua kata  اسماء dan حسنى  yang masing-masing memiliki arti sebagai berikut :
  1. Kata اسماء berasal dari kata   إسم   berarti : Nama
  2. Kata حسنى berasal dari kata أحسن-يحسن menjadi حسن-حسنى berarti : baik
Secara istilah Asmaul Husna yakni Nama-nama indah milik Allah yang berjumlah 99 sebagai bukti keagungan-NYA. Kata asmaul husna ini bisa kita dapatkan di dalam Al Quran Surat Thaha/20 : 8, 

"Allah Subhanahu wa Ta'ala tidak ada Tuhan melainkan Dia. Dia memiliki Asmaul Husna (nama-nama baik)"

Allah Azza wa Jalla, yang memiliki asmaul husna memiliki pengertian bahwa asmaul husna yang berjumlah 99 tersebut adalah hanya milik Allah Ta'ala semata. Nama indah yang tidak selayaknya disandingkan dengan manusia yang dhoif. Jika harus menggunakan salah satu dari asmaul husna maka kiadahnya harus mengawali dengan abdun, misal : Abdul 'Aziz (Hamba Yang Maha Perkasa)

Dalil Naqli

Untuk menguatkan materi tentang asmaul husna ini, mari kita simak dalil naqli yang terdapat dalam QS. Al-A'raf/7:180,

"Dan Allah SWT memiliki asmaul husna, maka bermohonlah kepada-NYA dengan menyebut nama-namaNYA yang baik itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dalam menyebut nama-nama-NYA. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang mereka kerjakan"

Dalam firman Allah Ta'ala terssebut dijelaskan bahwa Asmaul Husna merupakan milik Allah Ta'ala dan mampu menjadi wasilah dalam berdoa dengan menyebutkan diantara 99 asmaul husna milik Allah Ta'ala tersebut.

Semoga materi Asmaul Husna adalah cara meraih kemuliaan, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Wallahu'alam bishawab.

Subscribe to receive free email updates: