Kisi-Kisi dan Tips Sukses Ujian

Kisi-Kisi dan Tips Sukses Ujian

Masalah terbesar dalam menghadapi ujian adalah kekeliruan dengan mindset. Diantaranya adalah terbatasnya waktu untuk persiapan menjelang ujian. Padahal sebenarnya waktu untuk menghadapi ujian adalah sejak awal belajar di sekolah. Ujian adalah konsekuensi bagi setiap pembelajar. Karena ujian sendiri adalah bagian adalah proses belajar. Bukan untuk dihindari ataupun dijadikan musuh (baca : ditakuti) namun justru harus dihadapi dengan percaya diri. Allah musta'an.

Bagamana agar anda bisa lebih percaya diri dan mendapatkan peluang untuk menaklukkan ujian anda ? berikut saya akan berbagi tips dasyat yang sudah kami buktikan ketika di pondok dahulu :

1. Perkuat kedekatanmu dengan Allah SWT

Ini adalah rahasia inti dari proses ujian ini. Dekat dengan Allah SWT, yaa hanya dengan dekat denganNYA, anda akan memperoleh banyak keajaiban dalam menghadapi ujian anda. Bagaimana cara agar anda mendapatkan kedekatan dengan Allah SWT ? Pertama : Penuhi hak Allah SWT. Apa hak Allah SWT ? Allah SWT adalah atu-satunya Dzat yang berhak untuk diibadahi, ditaati. Maka penuhi setiap panggilan yang setiap hari lima kali. Inilah rahasia yang harus anda penuhi agar belajar dan ujian anda diridhai dan berhasil dengan baik.

Ingatlah Allah SWT berfirman :

"Dan Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan SHALAT" (QS.2 :45) 

Dengan mendirikan sholat anda berarti akan mendatangkan pertolongan dari Allah SWT yang akan mempermudah setiap urusan anda.

2. Mintalah doa restu kepada orang tuamu

Setelah anda berhasil dan konsisten dengan kebersamaan dan kedekatan dengan Allah SWT, maka selanjutnya ketuk pintu kemuliaan pula dengan minta doa restu. Perbaiki hubungan baikmu dengan orang tuamu niscaya Allah Ta'ala akan memperbaiki kualitas setiap urusan dalam hidupmu.

Rasulullah saw bersabda,

"Ridha Allah tergantung pada ridha orang tua dan murka Allah tergantung oada murka orang tua" (HR. Attirmidzi)

3. Manfaatkan waktumu

Anda tentu ingin agar berhasil maksimal dalam ujian kan ?, nah tips selanjutnya adalah  pergunakan waktu anda dengan sebaik-bainya. Sebarapun waktu yang anda miliki, waktu tersebut sangat penting untuk suksesnya ujian anda.

الوقت اثمن من الذهب

"Waktu itu lebih berharga dari pada emas"

Walaupun anda memiliki program, kegiatan lain, sebaiknya fokuskan untuk kesuksesan ujian anda.

اترك ما سوى الدرس

"Tinggalkan (semua kegiatan) selain pelajaran (belajar)"

Semoga 3 tips di atas membantu anda dalam mempersiapkan ujian anda. Barakallah lakum annajaah. 

KISI-KISI



RANGKUMAN MATERI

Silahkan UNDUH untuk dipelajari.
Selamat Belajar dan Sukses untuk anda.

Subscribe to receive free email updates: