Keutamaan Menunjukkan Kebaikan Kepada Orang Lain

Menunjukkan jalan kebaikan

Dakwah masih sering kali banyak dipersepsikan hanya sebatas ceramah di mimbar-mimbar masjid maupun majelis ta'lim saja. Berawal dari persepsi inilah banyak orang berpandangan skeptis bahwa dakwah "hanya" milik segelintir orang saja, mereka yang memang memiliki kapasitas seperti publik speaking yang mumpuni, khirij dari pesantren, secara akademik memiliki titel sarjana dan sebagainya. 

Padahal gini yaa bro fillah,

Dakwah itu bukan melulu urusan ceramah, khutbah atau apalah yang semisal ituh. Dan juga  dakwah itu bukan hanya bisa dilakukan di masjid atau di majelis taklim doang. Itu mah cara pandang yang "terlalu" (kayak logatnya bang Oma haha).Terlalu sempit !

Baca juga : Keluarga Muslim Di Tiga Bulan Tarbiyah

Dakwah itu sesungguhnya sangat fleksibel, sangatlah mudah, semudah loe update status di sosmed loe bro. Dakwah itu juga sungguh sangaat sederhana banget, sesederhana klo loe ngajak temen-temen loe selfie atau ngegowes. 

Coba kita bareng-bareng ingat kembali sabda Nabi kita Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam yang bisa kita baca di Kitab shahih Muslim, Sahabat Nabi shallallahu 'alaihi wasallam( Abu Mas'ud ra), berkata,

"Seorang lelaki datang kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam seraya berkata, 

"Sungguh tungganganku telah binasa. Karena itu tolong berilah aku tunggangan (baru)"

Nabi shallallahu 'alaihi wasallam menjawab,

"Aku tidak punya" 

Lalu ada seorang lelaki yang mendengar hal tersebut dan berkata,

"Wahai Rasulullah. aku bisa menunjukkan padanya orang yang bisa memberikannya tunggangan"

Lalu Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,


مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

"Barang siapa menunjukkan suatu kebaikan, maka ia mendapatkan pahala seperti  pahala orang yang melakukan" (HR. Muslim)

Sahabatku fillah,
Apa yang bisa anda pahami dari hadits Nabi shallallahu 'alaihi wasallam di atas?

Bukankah itu juga bagian dari dakwah ?
Bukankah itu juga bisa mendatangkan mengalirnya pahala  ?

Seseorang yang menunjukkan kebaikan akan mendapat pahala. Yaah, sekedar menunjukkan lho bro fillah.

Nah, sampai disini, kita kan makin terbuka tuh fikiran kita, gamblang gitu, bahwa menunjukkan kebaikan itu juga bagian dari dakwah. Karena diantara makna dakwah adalah menyeru, mengajak dan juga menunjukkan kebenaran atau kebaikan kepada orang lain.

Dan istimewanya lagi ya bro fillah,
menunjukkan kebaikan ini tidak hanya urusan akhirat, urusan sholat, shoum dan sebagainya.

Coba deh kita cek lagi,

kata khair  pada potongan hadits di atas adalah bentuk nakirah  dalam redaksi kalimat bersyarat (kalimat majemuk bertingkat). Nah dalam tata bahasa Arab, kata khair  dalam kalimat seperti di atas bermakna keumuman. Sehingga, khair  ini berarti mencakup semua bentuk kebaikan. Baik kebaikan duniawi maupun ukhrawi atau agama. Sehingga masuk dalam cakupan inipun , ketika seseorang menunjukkan orang lain suatu perbuatan baik, termasuk pula memberi nasehat, ilmu, baik ilmu untuk duniawi maupun di akhirat. Menunjukkan pada sesuatu yang baik, yang dibutuhkan dalam kehidupan di dunia, misalnya ada seseorang yang roda sepeda motornya yang mengalami kebocoran, dan kita menunjukkan bengkel tambal ban, maka ini juga bagian dari amalan hadits di atas, Maasyaa Allah.

Bararti, gini juga bro fillah,

Gadget kita yang sering kita pakai ini,  juga bisa menjadi bagian dari dakwah kita donk ? fa-insyaa Allah sangatlah memungkinkan. 

Berbagi ilmu atau informasi kebaikan yang kita share  kepada teman atau di gorup medsos, juga bisa menjadi bagian dari dakwah ini. 

Mengirimkan poster, flayer, atau informasi apapun yang kontennya adalah hal kebaikan, juga akan diganjar oleh Allah Ta'ala dengan kebaikan (pahala), insyaa Allah.

Maka, gini shob,
Yuk kita optimalkan resourses kita yaa. Terutama alat (gadget) untuk menjadi bagaian dari dakwah kita, agar kita menjadi golongan yang akan Allah Ta'ala berikan keselamatan dan kemulian dunia dan esok di akhirat karena sebagai agent of dakwah (dalam menunjukkan kebaikan), dan bukan sebaliknya yaa, menunjukkan hal negatif. 

Yang penting, jika emang kita ingin hidup sekali yang berarti dan bisa dapat kemuliaan yang sejati, yuk perbanyak jari jemari lentikmu untuk terus berbagi kebaikan yah. Kasih tau temen klo ada jadwal kajian, jadwal kerja bakti, jadwal seminar, jadwal silaturahmi, jangan hanya kasih tau klo ada agendan hang out atau sekedar ngopi doank dong, tapi hang out sambil ngopi n rembug urusan ilmu, bisnis yang hahal, ngaji, dan lain-lain yang bermanfaat.

Semoga Allah Ta'ala senantiasa mengokohkan hati kita dalam ketaatan di jalanNYA. Aamiin.

#abi

Subscribe to receive free email updates: