Teks Kultum Anak : Keutamaan Ramadhan



Keutamaan Bulan Ramadhan

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَ رَحْمَةُ اللّهِ وَ بَرَكَاتُهُ
حَمْدًا وَ شُكْرًا لِلّهِ , صَلاَةً وَ سَلاَمًا دَائِمَيْنِ عَلَى رَسُوْلِ اللّهِ , أَمَّا بَعْد.

Ustadz- Ustadzahku tercinta,
Teman-temanku tersayang,
Marhaban Yaa Ramadhan, Marhaban Yaa Syahrash-Shiyam,

Ramadhan adalah sayyidussuhuur atau penghulunya bulan-bulan. Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan kemuliaan dan keberkahan. Orang-orang beriman diperintahkan Allah SWT untuk berpuasa selama sebulan penuh di bulan Ramadhan.

Allah SWT telah berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 183:

Yang artinya, “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa.”

Ayat di atas menegaskan kepada kita bahwa puasa Ramadhan wajib hukumnya. Barangsiapa yang berpuasa, niscaya akan mendapatkan pahala yang besar.

Teman-teman yang berbahagia,

Masih kuat puasanya ?...
Apakah teman-teman tahu kalau Ramadhan memiliki keutamaan yang luar biasa ?. Ramadhan adalah bulan dibukanya pintu surga dan ditutupnya pintu neraka. Puasa Ramadhan dapat menghapus dosa yang telah lalu. Dan masih banyak lagi keutamaan-keutamaan lainnya.

Hadirin yang  dirahmati Allah,
Berpuasa itu bukan hanya menahan lapar dan haus, lhoo. Tetapi yang lebih penting adalah menahan diri dari godaan hawa nafsu. Katanya puasa, e… tapi setiap hari sukanya marah-marah terus ! Katanya puasa, e… malah bicara kotor, maluu yaa...

Ini nih yang bahaya, sebab Nabi telah bersabda, “Betapa banyak orang berpuasa, tetapi tidak ada yang diperolehnya kecuali hanya lapar dan dahaga.”

Mau tidak, jika puasanya tidak dapat pahala ?

Sayang sekali kalau puasa kita sia-sia, tidak mendapatkan pahala tetapi hanya lapar dan haus saja. Untuk itu, marilah kita luruskan niat berpuasa semata-mata karena Allah Ta’ala, dengan menjauhi segala larangan-Nya dan memperbanyak amal ibadah kepada-Nya.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هَذِهِ السَّنَةِ لِلّهِ تَعَالَى

“Saya berniat berpuasa esok hari untuk menunaikan puasa Ramadhan tahun ini karena Allah
 Ta’ala.”

Demikian yang dapat saya sampaikan. Meski singkat, semoga bermanfaat. Pak Haji beli durian, mohon maaf bila ada kesalahan. Billahit-taufiq wal hidayah..

واَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَ رَحْمَةُ اللّهِ وَ بَرَكَاتُهُ


Subscribe to receive free email updates: