Ampunan Dosa dengan Sholat Tarawih

 


Ampunan Dosa Lewat Shalat Tarawih

Shalat tarawih yang dilakukan atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka ia akan mendapatkan pengampunan dosa yang telah lalu. 

Itulah di antara keutamaan shalat tarawih. Hal ini juga menunjukkan bahwa disebut ikhlas jika seseorang mengharap pahala dari sisi Allah ketika beramal.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ – رضي الله عنه – أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – قَالَ: – مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا, غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ – مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa melaksanakan shalat malam di bulan Ramadhan (shalat tarawih) atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Beberapa faedah dari hadits di atas:

1- Hadits tersebut adalah dalil yang menunjukkan keutamaan qiyam Ramadhan atau shalat tarawih.

2- Shalat tarawih sebab mendapatkan ampunan. Syarat ampunan bisa diraih dengan shalat tarawih dilaksanakan sesuai yang dituntunkan yaitu atas dasar mengimani janji Allah dan mengharap pahala dari sisi Allah.

3- Hadits ini menunjukkan bahwa amal sholih adalah sebab mendapatkan ampunan dan terhapusnya dosa di sisi Allah. 

4-  Hadits ini juga menunjukkan bahwa jika seseorang beramal ingin mengharap pahala, rahmat serta ampunan Allah, masih disebut ikhlas, bahkan inilah yang dituntunkan. Beda halnya dengan pemahaman orang-orang sufi yang salah kaprah dalam memahami ikhlas.

6- Ibnu Rajab berkata bahwa pengampunan dosa di sini diperoleh jika bulan Ramadhan itu sudah sempurna. 


Subscribe to receive free email updates: