Cinta Yang Membahagiakan



Khutbah Pertama

اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِيْ جَمَعَنَا عَلَى مَحَبَّةَ سَيِّدِ الْبَشَر، وَنَفَعَنَا بِسِيْرَتِهِ الْمَلِيْئَةِ بِحُسْنِ الْخَبَر، وَفَضَّلَنَا بِاتِّبَاعِ أَحْكاَمِهِ الْمُنِيْرَة، وَأَعْلَامِهِ الْمُنِيْفَة.
وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَه، مُدَبِّرُ الْكَوْنِ وَرَبُّ الْبَرِيَّة، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، اَلَّذِيْ بُعِثَ بِدِيْنِ السَّلاَمِ وَالْعَدْلِ وَالْـمَحَبَّةِ. 
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى الآلِ وَالصَّحَابَة، وَالتَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلىَ يَوْمِ الْقِيَامَة.
أَمَّا بَعْدُ: فَيَا عِبَادَ اللهِ: أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِي بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ. قَالَ اللهُ تَعَالَى فِى الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ: ((يَا اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ اِلاَّ وَاَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ))

Jama'ah Jum'ah rahimakumullah, 
Diriwayatkan dari sahabat Anas bin Malik radhiyallahu anhu, bahwasanya Nabi kita yang mulia, Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, suatu ketika didatangi seseorang yang berasal dari pelosok pedalaman negeri Yaman. Dihadapan Nabi dan sahabat Anas bin Malik, orang tersebut bertanya, 

مَتَى السَّاعَةُ؟

"Yaa Muhammad, kapankah datangnya hari kiamat?"

Nabi tidak langsung menjawab, malah balik bertanya, 

وَمَاذَا أَعْدَدْتَ لَهَا

"Apa yang akan kamu siapkan jika kiamat itu telah tiba?"

Dengan polos orang itu menjawab, “Tidak ada. Demi Dzat yang telah mengutusmu dengan benar sebagai Nabi, aku tidak mempersiapkan shalat dan puasa yang banyak, hanya saja aku mencintai Allâh dan Rasul-Nya.

Jawab Nabi, 

أَنْتَ مَعَ مَنْ أَحْبَبْتَ

“Engkau akan bersama dengan orang yang engkau cintai.” 

Jama'ah Jum'ah Rahimakumullah,

Jawaban singkat Nabi ini benar-benar membuat gembira orang Yaman tersebut, yang dalam kitab Sunan ad-Daruquthni disebutkan beliau bernama Dzul Khuwaishirah, - yang karena polosnya - pernah buang  air kecil di masjid Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam. 

Kegembiraan yang membuncah juga dirasakan sahabat Anas bin Malik yang saat itu membersamai Rasulullah, dengan mengatakan, “Kami tidak pernah merasakan kebahagiaan sebagaimana kebahagiaan kami ketika mendengar sabda Rasûlullâh, ‘Engkau akan bersama dengan orang yang engkau cintai.’" Lanjut Anas ra., "Aku mencintai Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, Abu Bakr dan Umar. Aku berharap bisa bersama mereka dengan sebab kecintaanku kepada mereka meskipun aku tidak mampu melakukan amalan yang mereka lakukan."

Jama'ah Jum'ah Rahimakumullah,

Bagi kita yang sampai hari ini amal-amal kita tidak akan pernah mampu menandingi amal para sahabat, tentu pernyataan Rasulullah ini sangat melegakan dan menggembirakan. Betapa kita yang hari ini masih banyak bergelimang dengan maksiat dan dosa, sangat sedikit amal sholih kita, rasanya sangat jauh untuk mencium wanginya bau surga. Tapi Rasul menjamin bahwa kita akan bersama beliau di surga, dengan syarat jika ada cinta yang tulus kepada beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Cinta tidak pernah berdusta. Cinta akan mewujud apa adanya, tidak bisa dibangun dari pura-pura. 

Semua sahabat Rasul mencintai beliau dengan tulus, bahkan melebihi kecintaannya kepada diri mereka sendiri. Mengapa demikian? Karena Rasul Shallallahu ‘alaihi wa sallam memiliki akhlak yang sangat mulia. Bagaimana keindahan akhlak beliau? Berikut sebagian yang digambarkan para sahabat yang sampai kepada kita.

Pertama, beliau adalah orang yang tawadhu, rendah hati. Tidak mau dipuji secara berlebihan. Dalam hadis shahih riwayat Al-Bukhari (3445), dari shabat Umar bin Khathab Radhiyallahu Anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, bersabda,

«لاَ تُطْرُونِي، كَمَا أَطْرَتْ النَّصَارَى ابْنَ مَرْيَمَ...»

"Janganlah kalian berlebih-lebihan dalam memujiku, sebagaimana orang-orang Nasrani telah berlebih-lebihan memuji (Isa) putra Maryam..."

Diriwayatkan juga dari At-Tirmidzi, hadis shahih dalam Sunan-nya (2754), dari Anas ra., ia berkata, "Tidak ada seorangpun yang lebih dicintai oleh mereka (para sahabat) dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Tetapi mereka (para sahabat) apabila melihat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam datang, mereka tidak berdiri untuk beliau. karena mereka tahu bahwa beliau tidak suka akan hal itu." 

Kedua, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam selalu menghormati dan menghargai orang-orang yang berjumpa dan berinteraksi dengan beliau. Diriwayatkan oleh Imam at-Tirmidzi dalam kitab asy-Syama’il al-Muhammadiyyah, dari Amru bin Ash, ia berkata,

كاَنَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُقْبِلُ بِوَجْهِهِ وَحَدِيْثِهِ عَلَى أَشَرِّ الْقَوْمِ يَتَأَلَّفُهُمْ بِذَلِكَ، فَكَانَ يُقْبِلُ بِوَجْهِهِ وَحَدِيْثِهَ عَلَيَّ، حَتَّى ظَنَنْتُ أَنِّي خَيْرُ الْقَوْم

“Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam akan menyambut dengan wajah berseri (orang yang datang) sekalipun kepada orang paling jahat dari suatu kaum, untuk meluluhkan hati mereka. Suatu ketika beliau menyambutku dengan wajah berseri dan berbincang denganku sampai aku mengira bahwa aku sebaik-baik orang dari kaum itu..”. (Hr. At-Tirmidzi dalam asy-Syama’il al-Muhammadiyyah)

Ketiga, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah sekalipun menyakiti orang lain. Sebagaimana yang digambarkan oleh Anas bin Malik. Ia berkata, 

خَدَمْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَشْرَ سِنِينَ وَاللَّهِ مَا قَالَ لِي أُفًّا قَطُّ وَلَا قَالَ لِي لِشَيْءٍ لِمَ فَعَلْتَ كَذَا وَهَلَّا فَعَلْتَ كَذَا

"Aku telah melayani Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam  selama 10 tahun. Demi Allah, tidak pernah beliau mengatkan kepadaku, 'Cis!', atau 'Mengapa engkau melakukannya?' atau 'Mengapa engkau tidak melakukannya? (HR. Muslim dan at-Timidzi).

Keempat, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam memiliki fisik yang sempurna, membuat semua orang nyaman jika berdekatan dengan beliau. Sebagaimana kelanjutan hadis riwayat Anas bin Malik di atas dalam riwayat at-Tirmidzi dalam kitab asy-Syamail al-Muhammadiyyah: 

"Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah manusia yang paling baik akhlaknya. Aku tidak pernah menyentuh kain bulu atau sutra atau apa pun yang lebih lembut dari telapak tangan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Aku juga tidak pernah mencium misik atau wewangian yang lebih harum dari keringat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam."

Kelima, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam selalu ringan tangan, siap membantu siapapun. Imam al-Bukhari dan Imam Muslim meriwayatkan dari Jabir bin Abdullah, ia berkata: "Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah mengatakan 'tidak' saat dimintai sesuatu."

Banyak hadis yang meriwayatkan bagaimana beliau suka bercanda, juga bagaimana beliau adalah oarang yang paling baik kepada istri-istrinya, menyayang anak kecil dan sebagainya.
Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam merupakan sosok yang amat pantas dicintai, karena lewat beliaulah kita semua mendapatkan hidayah dari Allah Subhanahu wa Ta'ala. Beliau teladan atas segala kebaikan. Lewat beliau juga kita mendapatkan penjelasan maksud dari ayat-ayat Al-Qur'an.

Jama'ah Jum'ah Rahimakumullah, 

Jadi tidak ada cara lain untuk bisa memunculkan kecintaan kita kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam kecuali dengan cara mengenal beliau seutuhnya. Mentadabburi Al-Qur'an dan mempelajari Sirah atau sejarah hidup beliau. Insya Allah melalui itu semua akan kita temukan bagaimana Rasul sangat mencintai kita sebagai ummatnya, sehingga sudah semestinya kita pun membalas dengan cinta yang tulus kepada beliau. Bahkan cinta kita kepada Rasul hendaknya diletakkan di prioritas tertinggi, setelah kecintaan kita kepada Allah Subhanahu wa Taala.

Semoga kita semua dikumpulkan Allah bersama Rasul-Nya di surga-Nya kelak. Aamiin.

 بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ، وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمِ


Khutbah Kedua

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالْهُدَى وَدِيْنِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُوْنَ. أَشْهَدُ أنْ لاَ إِلَهَ إلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لا شَرِيكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُه.
((يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلا تَمُوتُنَّ إِلا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ)).
((يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلا سَدِيدًا  يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا)).
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا وَحَبِيْبِنَا وَشَفِيْعِنَا وَمَوْلاَنَا مُحَمَّدٍ، سَيِّدِ اْلأَوَّلِيْنَ وَاْلأَخِرِيْنَ، وَسَلِّمْ وَرَضِيَ اللهُ تَعَالَى عَنْ كُلِّ صَحَابَةِ رَسُوْلِ اللهِ اَجْمَعِيْنَ
اَلْحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالَـمِيْن، حَمْدًا يُوَافِى نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ، يَا رَبَّناَ لَكَ الْحَمْدُ وَلَكَ الشُّكْرُ كَمَا يَنْبَغِي لِجَلاَلِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ
اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ، إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَات. 
اللَّهُمَّ اجْعَلْ جَمْعَنَا هَذَا جَمْعاً مَرْحُوْماً، وَاجْعَلْ تَفَرُّقَنَا مِنْ بَعْدِهِ تَفَرُّقاً مَعْصُوْماً، وَلا تَدَعْ فِيْنَا وَلا مَعَنَا شَقِيًّا وَلا مَحْرُوْماً.
اللَّهُمَّ أَعِزَّ الإِسْلاَمَ وَالْمُسْلِمِيْنَ، وَوَحِّدِ اللَّهُمَّ صُفُوْفَهُمْ، وَاجْمَعْ كَلِمَتَهُمْ عَلَى الْحَقّ، وَاكْسِرْ شَوْكَةَ الظَّالِـمِيْن، وَاكْتُبِ السَّلاَمَ وَالأَمْنَ لِعَبادِكَ الْـمُؤْمِنِيْن. 
اللهم وَلِّ عَلَيْنَا خِيَارَنَا، وَلَا تُوَلِّ عَلَيْنَا شِرَارَنَا.
اللهم اجْعَلْ وِلَايَتَكَ فِيْمَنْ خَافَكَ وَاتَّقَاكَ وَاتَّبَعَ رِضَاكَ.
اللهم أَبْرِمْ لِهَذِهِ الْأُمَّةِ أَمْرًا رَشِيْدًا، يُعَزُّ فِيْهِ أَهْلُ طَاعَتِك، وَيُذَلُّ فِيْهِ أَهْلُ مَعْصِيَتِك، وَيُؤْمَرُ فِيْهِ بِالْمَعْرُوْف، وَيُنْهَى فِيْهِ عَنِ الْمُنْكَر.
رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا.
رَبَّنَا آتِنَا في الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
عِبَادَ اللهِ: إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالإِحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِي القُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ
أَقِيْمُوا الصَّلَاة...

(Disampaikan di Khutbah pada bulan Maret 2020)

Subscribe to receive free email updates: