NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK

 

NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK

 Contoh :

Guna meningkatkan kualitas saya sebagai guru, maka saya mengikuti program guru penggerak yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dan menjadikan guru sebagai pemimpin pembelajaran.

Dalam program ini terdapat 5 Nilai guru penggerak, yakni nilai Mandiri, nilai kolaboratif, nilai berpihak pada murid, nilai reflektif dan nilai inovatif.

Nilai ini yang diharapkan terus tumbuh dan dilestarikan dalam diri seorang Guru Penggerak. Kelima ini harus saling mendukung satu dengan lainnya, dan menjadi pedoman dalam setiap aktifitas seorang Guru Penggerak.

Proyeksi saya ketika saya sudah menjalani aktifitas sebagai guru penggerak kurang lebih 2 tahun, insyaaAllah saya akan menguatkan peran saya sebagai guru :

Pertama, Mandiri. Guru Penggerak yang mandiri, berarti saya mampu memunculkan motivasi dalam diri saya sendiri untuk membuat perubahan, baik untuk lingkungan sekitar ataupun pada diri saya sendiri. Saya sebagai guru yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan yakin bahwa diri saya memiliki potensi baik. Saya juga harus memiliki inisiatif sekaligus bisa menerima dan menghargai pendapat orang lain.

Saya akan terus melakukan program aktif dalam membangun komunitas dalam penguatan kualitas pendidikan di sekolah, maupun rekan sejaat di MGMP. Saya juga akan aktif mengikuti berbagai program pengembangan keprofesian seperti Bimtek, seminar, workshop maupun webinar yang linier dengan keprofesian saya.

Kedua, Kolaboratif. Saya akan membangun hubungan kerja yang positif terhadap seluruh pihak. Kolaborasi ini saya lakukan dalam bentuk kerjasama, berkomunikasi, memahami peran masing-masing pihak dalam suatu situasi tertentu, termasuk memberikan feedback juga merupakan bagian dari kolaborasi.

Kolaborasi yang saya lakukan ini mampu membangun rasa kepercayaan dan rasa hormat antara diri saya dengan lingkungan sekitar, serta mengakui dan mengelola perbedaan peran yang diemban oleh masing-masing tiap pemangku kepentingan sekolah dalam mencapai tujuan bersama, karena pada hakekatnya kolaborasi adalah strategi dalam membangun kemampuan kerja sama untuk mewujudkan misi pendidikan.

Program yang sudah dan akan terus saya lakukan antara lain bekerja sama dengan kepala sekolah rekan sejawat, tenaga kependidikan, murid, orang tua murid, komite sekolah dan pihak lain yang bisa bersinergi untuk mensukseskan program sekolah, baik dalam meningkatkan kualitas sekolah maupun berkolaborasi dengan sesama guru mata pelajaran atau pihak lain untuk peningkatan kualitas pembelajaran.

Ketiga,Berpihak pada murid, yakni selalu mengutamakan kepentingan murid dalam setiap kegiatan pembelajaran. Berpihak pada murid, juga berarti dapat menempatkan diri sebagai fasilitator, pembimbing, konselor, menguatkan respek pada murid, tidak didasarkan pada rasa suka atau tidak suka murid. Saya juga akan berusaha menciptakan lingkungan belajar yang asyik, aman, nyaman dan menyenangkan serta memperhatikan kepentingan murid dan mampu mengembangkan potensinya.

Untuk merealisasi hal tersebut maka saya akan  melakukan pembelajaran yang berpusat pada murid, menggali potensi mereka terkait pembelajaran yang dilakukan, Melakukan di awal pebelajaran dengan asesmen diagnostik secara menyeluruh dan akan melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi yang mengakomodir segala kebutuhan belajar murid.

Keempat, Reflektif. Saya akan membuka diri terhadap pengalaman yang baru saya lalui, lalu melakukan evaluasi terhadap apa saja hal yang sudah baik, serta apa yang perlu dikembangkan. Apapun yang dievaluasi tentu saja beragam, bisa terhadap kekuatan dan keterbatasan diri sendiri, pendapat yang dimiliki oleh diri sendiri, proses, dll.  

Sebagai Guru Penggerak yang reflektif, saya tidak hanya berhenti sampai berefleksi namun juga sampai melakukan aksi perbaikan yang bisa dilakukan. Saya juga akan terbuka untuk meminta dan menerima umpan balik dari orang-orang di sekeliling saya, untuk perbaikan dan peningkatan kualitas diri maupun pembelajaran saya.

Program kegiatan yang sudah dan akan terus saya lakukan antara lain memanfaatkan hasil supervisi pembelajaran untuk perbaikan pembelajaran memanfaatkan hasil saran dari teman sejawat dan konsisten dalam melakukan refleksi setelah kegiatan pembelajaran

Kelima, Inovatif. Saya mampu membuat ide atau gagasan-gagasan baru dan tepat guna terkait situasi tertentu ataupun permasalahan yang di hadapi. Saya juga akan menguatkan diri dalam beradaptasi dengan kondisi, tempat dan problematika terbaru, serta mampu memodifikasi instrumen dalam penguatan dan peningkatan pembelajaran.

Program yang akan saya lakukan antara lain menulis artikel atau materi untuk di posting di blog pribadi saya . Saya juga akan membuat video-video pembelajaran di channel YouTube , membuat modifikasi sarana dan instrumen pembelajaran.

Demikian program nilai dan peran guru penggerak yang akan saya proyeksikan dalam 2 tahun sebagai guru penggerak. Salam Merdeka.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Subscribe to receive free email updates: